Extools

Sekedar sharing…..

Bagi teman-teman yang MUNGKIN mengahdapi kendala dalam bekerja dengan Microsoft Excel, melalui forum ini kami mencoba berbagi tip dan trik untuk mempermudah dan memperlancar pekerjaan kita.
Tip yang akan kami sampaikan kali ini adalah memanfaatkan Add-Ins excel yang bernama Extools untuk Excel 97-2003 dan Extools Rx untuk Excel 2007 dan 2010.

Oceee…. Tancap Gassss…

Yang pertama kita lakukan adalah dengan mendownload file extools
Untuk Extools klik DISINI
Untuk Extools Rx kill DISINI

Udah downloadnya….????
Sekarang kita ekstrak file tunduhan tersebut dengan menggunakan winzip atau winrar lalu disimpan di drive C (C:\extools) atau di hardrive master anda (terserah mau di C atau D, E yang penting file tsb gk dhapus)

SELANJUTNYA… Menampilkan Extools di Menu Ms.Excel…
Caranya..
Untuk Excel 97-2003 :
Buka Ms.Excel, Klik menu Tools, Pilih Add-Ins maka akan terbuka kotak dialog Add-Ins.
Dari dialog box Add-Ins, klik ‘Browse‘ , lalu cari dan pilih file add-in ‘EXTools.xla‘ yang berada di folder yang baru anda buat tadi sebelumnya (di lokasi C:\extools). Kemudian beri tanda centang pada pilihan Extools di dialog box Add-Ins tersebut,lalu tekan OK.
Pada menu di Toolbar Microsoft Excel 97-2003 akan muncul tambahan menu ExTools yang berisi keseluruhan fasilitas yang dimilikinya pada sub-sub menunya.

Untuk Excel 2007 dan 2010
Setelah mendownload Extools RX, maka lakukan hal yang sama dengan Extools untuk Excel 97-2003. Apabila Extools RX tidak berfungsi dengan baik, maka cek terlebih dahulu “Excel’s security setting“-nya. Caranya dengan meng-klik : Microsoft Office Button (tombol kiri atas yang bulat) > Excel Options > Trust Center > Trust Center Settings > Add-Ins, kemudian pastikan bahwa seluruh opsi Security Add-Ins TIDAK dipilih.

Buat folder terserah anda, dan extract file-file Extools RX tadi ke folder baru tersebut. (Catatan : Perlakuan pada folder disini juga sama dengan Catatan untuk Extools Excel 97-2003 diatas tadi)
Jalankan Excel 2007, kemudian klik tombol bulat di kiri atas, yaitu Microsoft Office button, lanjutkan dengan klik tombol Excel Options (dibawah kanan), sehingga akan tampil dialog box Excel Options. Pilih pilihan Add-Ins, kemudian klik Tombol Go.
Dalam Add-Ins dialog box, klik tombol Browse dan cari file add-ins extools_rx.xlam yang berada di folder yang baru anda buat tadi sebelumnya (C:\extoolsrx) dan klik OK. Pada dialog box Add-Ins lagi, beri tanda centang pada Extools_Rx, kemudian klik OK.
Pada Ribbon Toolbar Excel 2007 di sebelah ujung kanan akan muncul tambahan menu Extools sebagaimana gambar di bawah ini yang berisi pilihan fasilitas-fasilitas menarik yang menyertainya.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA…..?????
TUNGGU TULISAN BERIKUTNYA….
HEHEHEHEHE…