Membuat Teks Terbilang di Excel

Pernahkah anda merasakan repotnya menulis huruf terbilang pada kuitansi atau SSP? Kalau hanya menulis 1 atau 2 kuitansi, SSP atau data lain tentu saja tidak akan membuat dahi anda berkerut. Namun bagaimana jika anda harus membuat 30 kuitansi dengan angka nominal yang tidak cantik sama sekali (wah kayak nomor hape saja). Coba saja terjemahkan ke huruf Rp 79.658.876.495,79. Wah apa gak ada kerjaan yang lebih menyenangkan?
Microsoft Office Excel menyediakan fasilitas untuk mempermudah pekerjaan yang membutuhkan otomasi seperti pembuatan terbilang. Fasilitas itu bernama makro. Saya sendiri kurang paham apa itu makro, visual basic dan bahasa pemrograman yang aneh-aneh dan bikin pusing kepala.
Langkah-langkah untuk membuat teks terbilang di excel sebagai berikut :
  1. Pertama-tama download file terbilang.xla yang merupakan excel add in (klik disini untuk download)
  2. Simpan file tersebut pada lokasi yang tidak berubah-ubah, misalnya di C:\WINDOWS
  3. Buka program m.excel dan klik Tools kemudian Add-Ins.
  4. Setelah itu akan muncul form baru yang berisi Add-Ins bawaan ms.excel. Nah yang akan kita lakukan sekarang adalah memasukkan terbilang.xla kedalam ms. excel. Klik tombol Browse sehingga akan mucul kotak dialog baru. Arahkan ke lokasi tempat kita menyimpan file terbilang.xla, yaitu di C:\WINDOWS. Setelah itu klik OK.
  5. Selanjutnya klik Insert, kemudian pilih Function.
  6. Pada dialog Insert Function ubah kolom “or select a category” yang tadinya Most Recently Used menjadi User Defined dengan cara klik tombol scroll di sebelah kanannya.
  7. Pilih function Terbilang setelah mucul pilihan Isi, Ratusan dan Terbilang, kemudian klik OK.
  8. 8. Arahkan pada cell yang ingin kita terjemahkan menjadi terbilang dengan klik tombol sebelah kanan kolom Number. Setelah itu tekan OK atau enter.
  9. Sementara ini sudah kelihatan hasilnya, angka Rp 999.999,- sudah diterjemahkan menjadi sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan.
  10. Sampai saat ini saya belum bisa menambahi agar Rp bisa terbaca rupiah, jadi agar kata rupiah itu muncul di akhir kalimat kita bisa merubah Format Cells. Pada Tab Number pilih Custom. Tuliskan kode “–”@ “rupiah” (menggunakan tanda kutip) kemudian klik OK atau enter untuk mengakhiri.
Demikianlah tips sederhana untuk membuat teks terbilang pada kuitansi.
SEMOGA BERMANFAAT.